10 Cara Mengatasi Sampah Plastik

Sampah plastik kian mengancam keseimbangan ekosistem. Kita harus melakukan sesuatu. Yuk mulai dari sekarang!

1. Pilih untuk menggunakan kembali saat membeli tas belanja dan botol air kemasan. Tas kain dan botol logam atau gelas yang dapat digunakan kembali tersedia secara lokal dengan harga terjangkau.

2. Menolak kemasan satu porsi, kelebihan kemasan, sedotan, dan kantong plastik ‘sekali pakai’ lainnya. Bawa peralatan yang dapat digunakan kembali di tas, ransel, atau mobil Anda untuk digunakan di restoran, potlucks, atau take-away.

3. Kurangi plastik sehari-hari seperti kemasan kresek, kotak styrofoam, dan gelas plastik. Ganti dengan kotak makan siang yang dapat digunakan ulang yang berisi termos.

4. Bawa tumbler Anda ke kedai kopi, toko smoothie, atau restoran yang memungkinkan Anda menggunakannya. Ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi tutup, gelas plastik, dan atau gelas berlapis plastik.

5. Beralihlah ke musik digital yang tak memerlukan kemasan plastik untuk CD atau DVD. Belilah musik dan video secara online.

6. Carilah alternatif barang plastik yang dapat Anda andalkan atau produk yang biodegradable.

7. Daur ulang. Jika Anda harus menggunakan plastik, cobalah memilih kemasan dengan tanda #1 [PETE] atau #2 [HDPE]. Hindari kantong plastik dan busa polystyrene karena keduanya biasanya memiliki tingkat daur ulang yang sangat rendah.

8. Jadilah relawan untuk mereduksi pemakaian plastik. Bergabunglah dengan komunitas pencinta lingkungan.

9. Dukung pengepul kantong plastik, pelarut busa polystyrene, dan kelompok pendaur ulang botol plastik.

10. Sebarkan berita tentang isu lingkungan. Berdiskusilah dengan keluarga dan teman Anda tentang dampak buruk polusi plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *