Pabrik Plastik, Distributor Plastik, Supplier Plastik, Grosir Plastik Surabaya, Produksi Plastik Surabaya

JENIS-JENIS DAN FUNGSI KANTONG PLASTIK

Kantong Plastik (Polybag) tersedia dalam komposisi bahan baku sebagai berikut:
PP (PolyPropylene)
LLDPE (Low Linear Density PolyEthylene)
HDPE (High Density PolyEthylene)
OPP (OverHeated PolyPropylene)

Jenis-jenis plastik sebagai berikut :
– PP (PolyPropylene)
Kantong Plastik PP (Polypropylene) merupakan plastik yang paling umum digunakan di kalangan masyarakat.
Karena kejernihannya (Clear/Transparent), kantong plastik PP banyak digunakan untuk mengemas produk barang konsumsi (consumer goods) yang hendak ditampilkan warnanya/bentuknya seperti makanan ringan, pakaian, alas kaki, dan masih banyak lagi.

– LLDPE (Low Linear Density PolyEthylene)
Kantung Plastik PE dengan struktur kimiawi LDPE (Low Density PolyEthylene) merupakan pilihan utama para pelaku industri yang membutuhkan kemasan yang memiliki daya tahan tinggi dan elastisitas yang kuat.
Struktur kepekatan yang rendah (Low Density) pada bahan PE ini menyebabkan plastik memiliki daya lentur yang kuat sehingga dapat menerima daya tarik/regang besar saat digunakan, sehingga cocok untuk kemasan industri alat-alat berat (seperti komponen suku cadang, otomotif, elektronik, mebel) maupun industri yang menggunakan cairan (misalnya bahan kimia, perikanan dan lain lain).
Tipe plastik ini umumnya tersedia di pasaran dalam beragam ukuran dengan menggunakan bahan Low-Linear Density PolyEthylene (LLDPE), di mana tampilan fisik sedikit kurang jernih/mengkilap dibandingkan kualitas LDPE yang sesungguhnya.
Bahan LLDPE ini pada umumnya dipilih produsen kantung plastik atas dasar pertimbangan harga yang lebih terjangkau oleh masyarakat namun dengan kualitas daya tahan yang tetap terjaga.

– HDPE (High Density PolyEthylene)
Kantong Plastik HD yang memiliki struktur kimiawi HDPE (High Density PolyEthylene) merupakan jenis kantong plastik yang memiliki daya tahan terhadap panas tinggi. Kemampuan ini disebabkan karena struktur kepekatan (high density) pada molekul polymer plastik tersebut.
Kantong Plastik HD umumnya terbagi tiga kategori yakni
Kantong HD polos (polybag)
Kantong HD kresek (shopping bag).
Kantong HD sampah (disposal bag)
KANTONG HD POLOS (HD polybag)
Kantong Plastik HD polos (polybag) lazimnya aman untuk digunakan sebagai kemasan untuk makanan(food grade). Karena kemasan ini juga dapat digunakan sebagai wadah menampung kuah panas, kantong ini dikenal dengan nama Plastik HD Anti Panas. ( HD ATP ).

– OPP (OverHeated PolyPropylene)
Kantong Plastik OPP dikenal karena kejernihannya yang seperti kaca – sehingga sering disebut plastik kaca – berguna untuk mengemas produk-produk yang hendak ditampilkan bentuk & warnanya sehingga menarik.
Kemasan ini sering dijumpai dalam wadah pembungkus roti, pakaian kemeja, kartu undangan, boneka, piringan cakram (CD), alat tulis, dan produk-produk barang jadi yang hendak ditampilkan lebih menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *