Meraup Untung Dengan Memulai Bisnis Limbah Plastik

Dalam setiap harinya tentunya setiap orang tidak akan terlepas dari bahan plastik untuk menjalankan aktivitas setiap harinya. Hal ini dikarenakan plastik sudah menjadi barang penting saat ini sebab plastik dapat digunakan untuk mengganti komponen lain misalkan kayu atau logam. Plastik banyak dipilih karena ringan serta kuat selain itu tahan terhadap korosi, dan sebagainya. Kelebihan inilah yang membuat orang sangat menyukainya sebagai komponen praktis yang mampu membantu jalannya kegiatan setiap harinya. Plastik banyak dimanfaatkan sebagai kemasan makanan, mainan anak, alat rumah tangga dan aneka jenis barang lainya. Penggunaan dari plastik saat ini sudah sangat meningkat hal ini pun juga membuat sampah plastik juga meningkat dalam setiap tahun. Sampah plastik ini pun juga tidak dapat teruraikan dalam tanah, sehingga akan membutuhkan waktu lama. Dengan banyaknya sampah saat ini maka lingkungan menjadi semakin tercemar dan kotor. Untuk mengurangi pencemaran lingkungan ini maka bisa diasati dengan cara mendaur ulang sampah plastik. Mendaur ulang sampah akan membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan mampu menjaga lingkungan. Limbah plastik ini pun bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Selain bisa menjaga lingkungan tetap bersih keuntungan pun bisa dihasilkan. Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis daur ulang sampah? Untuk bisa menjalankan bisnis ini maka perlu mempelajari terlebih dahulu cara memulai bisnis limbah plastik. Silahkan diperhatikan beberapa hal dibawah ini agar nantinya dalam menjalankan bisnis limbah plastik bisa berjalan dengan baik.

Modal Awal

Bisnis limbah plastik juga membutuhkan modal awal, modal ini digunakan untuk membeli limbah plastik dari pemulung. Modal yang dibutuhkan tidaklah banyak karena harga limbah plastik bila dibeli dari pemulung akan lebih terjangkau.

Tempat Usaha Limbah Plastik

Jika sudah membeli limbah plastik dari pemulung maka limbah plastik ini maka perlu meletakan sampah plastik pada sebuah tempat. Anda bisa mencari tempat untuk meletakan limbah plastik ini di lapangan penumpukan atau gudang.

Memiliki Mesin Pengolah Limbah

Jika Anda ingin mengolah sendiri limbah plastik maka mesin akan sangat dibutuhkan guna menunjang proses pengolahan limbah menjadi lebih lancar dan mudah. Limbah plastik ini perlu digiling dengan bantuan mesin penghancur plastik. Untuk bisa membuat limbah plastik menjadi biji plastik dan mendaur ulangnya ini perlu dilakukan pencacahan atau penghancuran plastik supaya menjadi butiran plastik. Butiran ini ialah bentuk setengah jadi yang nantinya akan dijadikan bahan baku pembuatan plastik. Apabila memiliki mesin untuk mengolah limbah plastik maka akan memudahkan proses kerja dan bisa mendatangkan keuntungan. Selain bisa mendapatkan keuntungan juga bisa membersihkan lingkungan dari sampah plastik yang berbahaya. Selain mesin penghancur plastik Anda pun juga perlu memiliki mesin pencuci serta mesin pengering untuk memaksimalkan dalam memulai usaha limbah plastik.

Mengetahui Jenis Limbah Plastik Yang Laku

Terdapat tiga jenis limbah plastik yang populer di masyarakat yaitu plastik PE atau Polietilena yang merupakan bahan plastik tahan terhadap alkali, air, asam dan tahan terhadap segala jenis cairan. Jenis plastik yang kedua ini yaitu NDPE atau high density polyesthylena yang merupakan plastik yang tahan dari aneka jenis zat cair serta polipropilenia prouk yang dibuat dari fiber glass. Sehingga Anda perlu mendapatkan limbah plastik dengan jenis tersebut karena memang jenis limbah plastik tersebut banyak diminati.

Mengetahui Tahap Daur Ulang

Untuk menjalankan binis limbah plastik maka perlu mengetahui lebih dalam tentang tahap pendaur ulangan limbah plastik menjadi bahan baku setengah jadi atau biasa disebut biji plastik yaitu :

  • Pemisahan Limbah : Limbah plastik perlu dipisahkan terlebih dahulu dari material sampah lain. Dalam hal pemisahan ini perlu dijalankan dengan teliti supaya nantinya bisa mendapatkan biji plastik berkualitas. Pisahkan limbah plastik sesuai dengan jenis plastik tersebut.
  • Pemotongan Limbah Plastik : Jika plastik sudah dipisahkan sesuai dengan jenisnya maka tahap selanjutnya ialah memotong limbah plastik ini. Pemotongan ini akan memotong plastik dengan bentuk yang kecil untuk mempermudah proses pengolahan plastik selanjutnya.
  • Proses Pencucian : Jika sampah sudah dilakukan pemotongan dengan bentuk kecil – kecil yang sempurna maka selanjutnya ialah proses pencucian yang berguna untuk membersihkan dari bahan atau zat yang tidak berguna serta zat yang dapat menggangu proses pengolahan plastik.
  • Proses Penggilingan : Jika telah mencuci plastik sampai bersih maka selanjutnya ialah dengan menggiling biji plastik. Untuk bisa melihat kualitas dari biji plastik maka perlu dilakukan tes dengan meletakannya diatas air. Sehingga nantinya bisa dilihat mengapung atau tidaknya biji plastik tersebut.
  • Jika biji plastik telah jadi maka selanjutnya mengantarkan biji plastik ini ke pabrik pengolahan produk daur ulang untuk selanjutnya diolah menjadi aneka jenis produk siap pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *